handuk, kipas, dan rotan

suatu ketika, dengan lembut abi memanggilku.

tak biasanya, malam itu kami berbincang empat mata. seorang abi dan anak perempuannya.

perbincangan pun riuh memadu harmoni nada, sebab, selama ini kami hanya berjumpa di antara sisa waktu, abi yang pergi sebelum terang dan pulang setelah kami-anak2nya-tertidur kembali.

teteh tau gak kisah wanita sholihah zaman rosulullah?

aku : tidak bi..

suatu hari, sayyidah fathimah bertanya pada abinya dengan antusias, rosulullah saw. “wahai ayah, siapakah perempuan pertama yang menginjakkan kakinya di syurga?” kemudian rosulullah pun menyebut satu nama,”MUTHMAINNAH”…akhirnya dengan rasa penasaran,beberapa waktu setelah disebutnya nama itu, fathimah memata2i kehidupan muthmainnah sang perempuan ahli syurga tersebut.

beberapa hari mengintip keseharian muthmainnah, tak ada yang istimewa di mata fathimah. semua hal yang dilakukan muthmainnah hampir sama dengan kesehariannya, seperti membuat roti, memberi makan kuda, menjahit dan sebagainya. semua hal itu, biasa juga dilakukan oleh fathimah sebagai istri ali bin abi thalib.

kemudian, datanglah suatu ketika, dimana tak pernah fathimah melihat wanita itu mengenakan pakaian secantik hari itu….begitu istimewa…pakaian yang dipakai muthmainnah sangat cantik…tumben kata fathimah dalam hati.

akhirnya dengan memberanikan diri, demi menebus rasa penasarannya, fathimah bertanya kepada muthmainnah. “wahai muthmainnah, kenapa hari ini kau memakai baju yang sangat bagus dan wangi?” inilah jwaban muthmainnah yang merupakan kunci syurga yang pertama,masih biasa saja,”petang ini suamiku datang setelah beberapa hari mencari nafkah yang telah Allah rezekikan kepada kami…maka aku sengaja mengenakan pakaian istimewa ini..” hmm,ohh begitu gumam fathimah dalam hati.

maka tak lama setelah itu, suami muthmainnah pun datang. dengan bersegera, muthmainnah menyambutnya dengan suka cita,berwajah manis dan mengelapi semua keringat yang ada di tubuh suaminya dengan handuk. fathimah tertegun kata abi. karena selama ini pun, fathimah belum pernah melakukannya untuk Ali. kemudian setelah seluruh keringat suaminya itu dibersihkan, muthmainnah mengipas-ngipasi suaminya yang lelah tadi. fathimah kembali tertegun….setelah pelayanan pertama selesai, muthmainnah menyuruh suaminya berbaring untk istirahat. sementara itu muthmainnah pergi ke dapur menyiapkna makanan untuk sang suami. setelah makanan sudah siap, ia membangunkan suaminya,dan mengajaknya makan.

tapi….kata abi lagi..

sebelum makan malam dimulai, ada satu hal yang membuat fathimah semakin yakin, kenapa nama muthmainnah yang keluar dari mulut nabi waktu itu. apakah ia? muthmainnah memberikan sebuah rotan kepada suaminya, ia pun berkata,”wahai suamiku yang kucintai, sebelum makanan ini dinikmati, aku ingin kau memukulku atas segala kekurangan dan kesalahanku selama aku melayanimu sejak hari pertama kita menikah sampai sekarang…silahkan pukul lah aku dengan rotan itu” subahanllah…maha suci Allah yang telah menciptakan perempuan mulia bernama muthmainnah….

fathimah pun puas..dan yakin atas jawaban rosulullah waktu itu. muthmainnah adalah perempan pertama yang menginjakkan kakinya di syurga denga 3 kunci, handuk,kipas,dan rotan.

selain fathimah, aku pun tertegun dengan cerita yang abi bagi tadi. terimakasih abi,,aku ingat, sudah lama abi tak bercerita kepadaku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s