akal

bismillah

satu jam berlalu, masih terpaku.

betapa indahnya Ia ciptakan kita, ciptakan organ istimewa kita bernama otak.

satu jam yang lalu, saya menghabiskan waktu saya (inginnya bilang ‘memanfaatkan’ waktu saya) untuk berjalan-jalan. mengunjungi blog orang2 disebut jalan2 juga kan? insyaAllah lah ya. ceritanya ngamalin ayat

faidzaa qudhiyati shsholaatu fantashiruuu fil ardhi wabtaghuu min fadhlillah wadzkurullah katsiiraa la’allakum tuflihuun, maka apabila sholat telah ditunaikan maka bertebaranlah kamu di muka bumi untuk mencari karunia Allah dan banyak2lah menyebut namaAllah agar kamu beruntung.

setelah sholat dhuha tadi, saya putuskan untuk ngeblog, eh malah keluyuran jalan2 ke blog orang lain, bukannya menuh2in blog sendiri,,,yaa begitulah saya. walhasil saya dibuat terkesima..pertama pada tulisan2 mereka, kedua pada Pencipta Akal mereka, ALLAH ‘azza wajalla*inigalebay*

betapa dasyatnya organ otak ini, yang hampir setiap tulisan di blog yang saya kunjungi  tidak ada yang serupa, mulai dari  gaya bahasa, pemilihan emosi, dan sebagainya. paling kalau ada yang sama, sama judul atau topiknya aja, tapi overall semua orang menulis dengan jalannya sendiri. ‘ala kulli haal langsung pada kekaguman kedua saya, maa kholaqta haadzaa baathila subhaanaka faqinaa ‘adzaabannaar, tidak ada yang sia2, apa2 yang Engkau ciptakan ,maha suci Engkau ,maka jauhkanlah kami dari api neraka.

yup, kecanggihan otak manusia ini sebenarnya lebih didasari karena manusia dihadiahkan akal oleh Allah..jadi yang sebenarnya canggih adalah akal! kalau sekedar otak, udang juga punya kan yah? ehehe, ga maksut bikin frase otak-udang ye. menurut kamus besar bahasa indonesia, akal adalah jalan atau cara melakukan sesuatu; daya upaya; ikhtiar.  definisi pertama; JALAN. jalan-jalan saya hari ini, singgah-singgah di blog orang, saya betul2 menyadari, bahwa manusia mempunyai jalan sendiri2 atau cara yang berlain-lainan untuk menulis. inget menulis , inget juga ayat qul lau kaanal bahru midaadan likalimaati rabbiy, lanafidal bahru qobla an tanfada kalimatu rabbiy, WALAU JI’NAA BIMITSLIHII MADADAA.katakanlah wahai muhammad, seandainya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat tuhanku, maka pasti habislah lautan itu seelum selesai (penulisan) kalimat-kalimat tuhanku, meski pun kami datangkan  (lautan)sebanyak itu pula.

Definisi kedua adalah daya upaya, setiap akal penulis, akan memiliki kecendrungan untuk berfikir lebih matang , menarik dan logis, rasional. mereka berusaha menyajikan tulisan, yang meski kadang ada yang*errrrkkkk membosankan, tapi pasti, sedaya upaya agar tulisannya jadi. eh maksud saya ada upaya dan daya di sana. kadang2, buntu lah, ide keabisan lah, atau keabisan ide. sama aje ye..dan sebagainya. maka dengan akal, mereka berusaha mengolah balik kata2 dan rangkaian kalimat , mencari-cari padanan kata, atau ide2 untuk akhirnya menyatukannya kembali dalam satu teks tulisan. ya kurang lebih gitu lah. yaa walaupun ada tulisan yang kayaknya ditulis ngasal dan ngalir gitu aja, tanpa pertimbangan dan piliha2 apapun…tapi semuanya tak akan terlepas dari iradah Allah kan yah….yang tentunya telah meghadiahkan akal kepada kita. apasih kok jadi musing-musing.

 oke intinya, manusia – manusia penulis blog yang keren2 itu, manusia2 yang menulis buku2 best seller itu, manusia2 yang yang ngabisin masanya buat menuangkan ilmunya ke dalam tulisan itu emang bener2 hebat, mereka memang manusia2 super….mereka yang bisa me-n-u-l-i-s-k-a-n kisah, hikmah dan ilmu itu adalah orang2 keren. termasuk manusia yang lagi nulis ini, yang daya pikirnya lemah selemah-lemahnya, yang ilmu cetek secetek-ceteknya, kalau dibandingin dengan ilmunya Allah, ilmu2 mereka masih jauh sekali, sangaaaat jauuuuuuh sekali dari ilmu Allah, ilmu saya apa kabar? aiiiih apalagi bu! ilmu saya lebih lebih  jauuuuh , jauuuuh sekali dari ilmu mereka2 itu dan ilmunya Allah….Allahu rabbiy, terus ngapain sibuk sibuk ria dan takabur plus ujub sendiri ? ya Rabb….*istighfar*

begitulahmanusia. lebih tepatnya,begitulah saya. manusia yang sebenernya fakir dan miskiiin, yang masih sering lupa sama ayat laa tamsyii fil ardhi marahaa, janganlah kamu berjalan di muka bumi  ini dengan sombong.

eh, tulisannya kok jadi belok2 begini yak. tapi jujur, jalan2 saya sejam tadi begitu bermakna. saya memang suka berselancar dan mampir ke blog orang, ikut menikmati setiap hikmah yang mereka petik, dan saya juga banyak belajar dari kehidupan mereka. terimakasih juga untuk mereka…yang ikhlas tetap menulis, tetap menjalankan misi mulia kehidupan seorang muslim,khoirunnaas anfa’uhum linnaas, manusia terbaik adalah yang paling bisa dimanfaatkan, eh salah2 maksud saya yang paling bermanfaat untuk manusia lainnya*peace* terus istiqomah menulis.

Allahummahdinaa…

13 november, himmadazakiyya dari eiffel tower, paris

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s