Rekapituasi Janji-Janji Jokowi

Originally posted on Catatanku:

Seorang fesbuker sedemikian rajin menghimpun atau merekap semua janji-janji yang diucapkan Jokowi selama masa kampanye Pilpres yang sudah lewat. Sekarang setelah Jokowi terpilih menjadi Presiden 2014-2019, maka publik berhak menagih janji-janji tersebut. Publik juga akan melihat apakah Jokowi taat asas (konsisten) dengan janji-janjinya itu.

Di bawah ini rekapitulasi semua janji Jokowi yang saya kutip dari akun fesbuker ini (Sunu Sumarsono):

Catatan dari penulis: tautan beritanya tidak bisa dibuka (mengalami broken link), namun judul beritanya masih bisa dicari via Google.

Janji Jokowi-JK
1. Besarkan Pertamina dan kalahkan Petronas dalam 5 Tahun

http://finance.detik.com/read/2014/0…ahkan-petronas

2. Jokowi janjikan bagun 50 rRibu Puskesmas

http://www.tribunnews.com/pemilu-201…ribu-puskesmas

3. Swasembada pangan

http://www.merdeka.com/politik/5-jan…-presiden.html

4. Membuat Bank Tani untuk mengurangi impor pangan

http://www.merdeka.com/politik/5-jan…-presiden.html

5. Jokowi janji akan tetap blusukan bila Jadi Presiden

http://news.detik.com/read/2014/08/0…esiden?9911012

6. Jokowi janji benahi kawasan Masjid Agung Banten

https://id-id.facebook.com/notes/fes…51943340196717

7. Jokowi janji cetak 10 juta lapangan kerja jika jadi Presiden

http://bisnis.liputan6.com/read/2072…-jadi-presiden

8. Jokowi jJnji…

View original 706 more words

asalin mushaffa (lagi)

kali ini berbeda.
tak sekedar asalin mushaffa tempatku merangkai kalimat kalimat.

asalin mushaffa adalah keajaiban dan tanda tanda kebesaran Allah..
asalin mushaffa adalah investasi akhirat kami..
asalin mushaffa adalah madu penawar…bagi kesedihan kesedihan…
asalin mushaffa adalah qurrata ‘ayun kami..yup penyejuk mata kami..
asalin mushaffa adalah mujahidah hebat mami dan papi
asalin mushaffa adalah pewaris risalah rosulullah dan pelanjut dakwah kami
asalin mushaffa adalah salah satu penjaga firmanNya yg mulia..
asalin mushaffa adalah putri cahaya mami papinya
asalin mushaffa adalah perempuan yg senantiasa menjaga iffahnya
asalin mushaffa adalah jundiyah islam masa depan…
asalin mushaffa akan bertumbuh dg segenap kebaikan, yang apabila manusia melihatnya, maka mereka mengingati Allah..

kami percaya pada Allah,
maka seberkas doa kami sampaikan padaNya..
asalin mushaffa binti muammar zainal.

tentang ide-ide kita

kuat idealisme, lemah realisasi.
semangat menyemai, malas merawat.

itulah yang saat ini menjadi bahan refleksi saya.
ketika ada banyak ide dan usulan yang menarik…rencana2 yang begitu wah dan mimpi mimpi yang melambung jauh ke angkasa raya sana… atau ada lintasan pikiran untuk melangkah lebih dinamis lagi…tiba2 jiwa saya tergertak..”bener nih bisa istiqomah?”

manusia.
selalu harus bertarung dg realita, untuk membela mati2an idealismenya..mimpi2nya…harapan2nya…
dan ini tidak mudah.

realita bagaikan polisi tidur yang mengejutkan pengemudi mobil dalam perjalanannya menuju tempat tujuan.

dan mau tidak mau, ketika kita menciptakan sebuah ide..mimpi…rencana…rancangan…atau apalah itu…kita pasti harus selalu berhadapan dg realita. yup, kenyataan..

dan pilihan yg tersedia hanya dua macam pilihan…bertahan pada apa yg jadi idealisme kita…atau berdamai dengan kenyataan.

manusia.
dengan dua pilihan di tangannya, tak sedikit yg akhirnya memilih merelakan idealismenya. mungkin, tidak ada jalan lain lagi demi kemaslahatan. tapi kebanyakan dari idealisme yg pernah saya cipta, sejujurnya, karena saya malas merawat idealisme itu..dan akhirnya memilih untuk  menyerah. ya Rabb. sesekali saya menghibur diri saya dengan firmanNya:
qaala innii a’lamu maa laa ta’lamuun
Dia (Allah)berkata sesungguhnya Aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.

atau dengan ayat ini :
‘asaa an takrahuu syaian wahuwa khairun lakum…wa ‘asaa an tuhibbu syaian wahuwa syarrul lakum
bisa jadi kamu membenci sesuatu padahal ia baik bagimu..dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia buruk bagimu

Ya Rabb, semoga saja pilihan yang  saya jatuhkan untuk berdamai pada beberapa idealisme saya mulai hari ini dan kedepannya bukan akibat malas merawat atau lemah bertarung (lagi). mudah2an ia hanya bagian dari keputusan yang harapannya bisa membawa maslahat lebih besar.
karena setiap hari, manusia selalu akan belajar. bagaimana ia yang sekarang harus lebih bijaksana dan dewasa dari sebelumnya. ya, belajar.

dan tentu saja ada manusia2 lain..yang dengan gigihnya tetap tsabat. teguh pada apa yg ia cita2kan. bersabar dan memilih untuk tetap kuat.

yaa ayyuhalladziina aamanuushbiruu wa shaabiruu.. waraabithuu
wahai orang2 yang beriman, bersabarlah dan kuatkan kesabaranmu, dan bertahanlah..

iya..manusia tetap diberi 2 pilihan itu.
dan ternyata ada yang harus saya koreksi di awal tulisan saya ini.

mungkin idealisme yang mewujud sebagai prinsip..sebagai contoh prinsip seorang muslimah yang taat untuk menjaga marwah dan kehormatannya, maka tidak ada pilihan lain. yang harus ia lakukan adalah berjuang demi prinsipnya..apapun yang terjadi. no matter what.

sedangkan idealisme yang merupakan bentuk lain dari mimpi atau cita2… (mungkin) masih tersisa dua pilihan tadi dengan pertimbangan maslahat dan mafsadat atas keputusan kita berhadapan dengan sebuah realitas tersebut.

jadi, kita perlu memahami dulu idealisme mana yg kita maksud sebelum memutuskan langkah selanjutnya.

dan kita tetap harus berjanji pada rencana dan mimpi2 positif yg telah kita buat…untuk tidak hanya  kuat idealisme, namun lemah realisasi.
atau tidak hanya semangat menyemai,tetapi  malas merawat.

seperti ingin menjadi ibu para huffadz…
begitu kan *asalin ? :))

bogor, 7 september 2014
dalam penantian dan doa

maduku..madumu..

najwa..nafla..aiman..salima..maryam..

sudah berbagai usulan nama terusulkan. sudah searching sana sini. sudah tanya-tanya mana nama yang baik.
yup,menjelang kelahiran anak kami yang sholihah, kami berniat ingin memberikan nama terbaik. tentu sudah maklum, bahwa memberi nama adalah kewajiban orang tua. dan memberi nama terbaik berarti menyematkan doa terbaik untuk ananda..
suatu siang, saya kebetulan menonton acara televisi di salah sati stasiun televisi terkenal..judul acaranya menarik…pahlawan indonesia.
ternyata segmen kali ini sedang membahas tentang seorang pemuda yang sedang semangat-semangatnya membudidayakan madu khas sumbawa.
profil sang pemuda pun diperkenalkan..selain itu keunggulan-keunggulan madu subawa juga dipaparkan..dan tentunya bagaimana peran aktif pemuda tersebut mengajak masyarakat sumbawa untuk bertani emas cair kekayaan indonesia itu..yup madu sumbawa. katanya madu sumbawa adalah salah satu madu terbaik kualitasnya di indonesia. namun ternyata konsumsi madu di indonesia masih sangat rendah..bahkan terrendah di asia tenggara..padahal hutan indonesia,termasuk hutan yang ada di sumbawa adalah hutan yang sangat baik dan cukup memadai menyediakan pakan lebah madu..sehingga madunya pun sangat baik untuk konsumsi.
inilah yang mengusik nurani pemuda tersebut untuk melestarikan kekayaan indonesia ini.

madu,
“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah:
“Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di
pohon-pohon kayu, dan di tempat yang
dibikin manusia.” [QS. An-Nahl : 68]

“…Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-
macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang
menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada
yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi
orang-orang yang memikirkan.”[QS. An-Nahl : 69]

Maha benar Allah dg segala firmanNya.
tiba-tiba teringat nama untuk anak kami..
‘Asalin Mushaffa
ya..sejernih madu..
semoga nama ini adalah doa terbaik untuk pribadi terbaik, harapan papi dan mami.
semoga nama ini membawamu menjadi insan yang bermanfaat bagi ummat.
madu mami dan madu papi. ‘Asalin.

image

jarak

entah berapa kilometernya..
atau berapa sentimeternya..

jarak adalah jeda
bukan jeda untuk melemahkan gelombang cinta
namun jeda untuk semakin menyuburkan sesuatu yg kita sebut jalinan kasih sayang

jarak adalah jeda
bukan jeda untuk mebatasi bersatunya jiwa jiwa kita
namun ia jeda untuk merawat cinta kita
juga untuk menjadi cermin sementara yang menunjukkan tingkat kedewasaan cinta kita

jarak adalah jeda
jeda yang mengajarkan
jeda yang mengilhamkan
jeda yang menyegarkan pekarangan rumah kita

jarak adalah jeda
jeda pada setiap kata dalam sebuah kalimat
yang tanpanya…sebuah kalimat terlihat terlalu sulit kita baca…

*long distance is really meaningfull.
dari buitenzorg untuk seseorang di utara sana..

kala mucikari itu orang terhormat

Originally posted on pengikatsurga:

Hari ini, hari jihad.

18 juni yang bertepatan dengan 21 sha’ban.

Saat lembaran laporan amalan tahunan masih putih,
Bu Risma mengisinya dengan penutupan dolly,
Betapa indahnya pembukaan itu,
Seringnya jika pembukaan bagus dan ujung bagus, maka tengah-tengah tidak akan diperiksa,
Itulah yang disebut hisab yang mudah,
Semoga Allah memudahkan hisab bu Risma kelak, atas prestasinya menutup pusat pelacuran terbasar di asia tenggara, Dolly.

Ingatan lalu melayang pada masa Rasulullah,
Saat Rasulullah hijrah ke Medinah,
Didapati bahwa para pemilik budak sering memjadikan para budaknya komoditas menarik keuntungan.
Para budak sengaja dilacurkan pada orang-orang berkasta tinggi dengan nasab yang baik, dengan harapan budak tersebut hamil, dan kepala suku dari pria yang menghamili akan menebus bayi tersebut.

Dimasa itu kehadiran anggota keluarga baru dalam suatu suku, sangat berharga, nilainya sangat mahal.

Keadaan yang menyesakkan dada, bagi kaum muslimin yang telah dididik memiliki nilai-nilai luhur.

Akan tetapi AlQur’an menggambarkan,
Bahwa situasi saat itu tidaklah…

View original 130 more words

hadistnya ga diterima looh..

akhlakhaditsnya ga diterima loh……

perjalanan, mengambil hikmah, belajar dan saling mengajarkan. begitulah perjalanan hidup yang seharusnya berputar tidak hanya melewati batas-batas hari dengan kekosongan.. belajarlah, dan kemudian berbagi…

suatu hari, ketika berjalan-jalan sore bersama suami dengan mengendarai sepeda motor, tempat yang hendak kami tuju tak kunjung sampai. memang ini pertama kalinya kami melakukan perjalanan ke san, taman anggur perlis. beberapa kali kami bertanya pada makcik2 kedai pinggir jalan, pun pada pakcik2 tukang parkir tentang lokasi tersebut, namun tak juga kami temukan lokasinya.

jadilah temaram kian kelam, sedangkan kami sudah 3 jam berputar2 di kawasan perlis. posisi duduk di atas motor pun sudah kurang nyaman. terutama saya, yang sedang mengandung usia 5 bulan. rasanya sudah kesemutan dan pegal sekali. sesekali saya bergeser sedikit untuk menghilangkan kepenatan. suami saya pun sesekali menegakkan punggungnya, sama2 sudah letih. kenapa kami tidak pulang saja? perjalanan, inilah yang dinamakan perjalanan mungkin..kalau sudah sampai tujuan namanya bukan perjalanan lagi :) begitu pikir kami. dan kami sudah terlanjur sampai sejauh ini. jadi kami putuskan untuk terus mencari taman anggur tersebut.

sampai pada tahap lelah yang sudah berlebihan, akhirnya ketika lampu merah di salah satu jalan raya, saya memberanikan diri untuk berdiri sejenak dalam keadaan masih diatas motor, terbayang tidak? hanya berdiri sedikit, karena saya sudah merasakan pegal yang teramat sangat. tidak sampai 5 detik, kemudian saya duduk kembali ke posisi awal.

tiba2 suami saya bergumam,”haditsnya ga diterima looh..”

Deg, “maksudnya?” saya bertanya. kemudian suami saya menjelaskan, bahwa ulama zaman dahulu betul2 menjaga adab mereka…”mereka juga lapar, tapi bagi mereka makan bakso di pinggir jalan adalah aib, kemungkinan kalau mereka meriwayatkan hadist, hadist mereka cacat..”

saya belum juga faham…dan masih berpikir keras, apa hubungannya saya berdiri membetulkan posisi duduk tadi dengan ulama yang makan bakso ini. ” iya,,,tadi kamu pegel kan? terus berdiri sebentar, sebenernya itu aib juga…hehe kalau kamu meriwayatkan hadits, insyaAllah ga diterima…hehe”

ooohh….

jadi ternyata, ini masalah ta’dil wa adab. ada sebagaian perilaku yang tidak dosa melakukannya, bahkan terlihat wajar, namun ternyata mempengaruhi ciri integritas manusia. sikap dan adab. dalam islam, periwayat hadist adalah orang2 yang betul2 terpercaya, kuat daya ingatanya, dan terjaga sikap adab akhlaknya.

masyaAllah, hadits saya tidak diterima katanya

“lagian siapa juga yang mau ngeriwayatin hadits, wee :p ” balas saya sambil tersenyum…

 

7 Mei 2014,

sore yang indah dari taman anggur syurga :)